IBX592EBFFC8DD85

Pilih Mana? Menggadaikan Motor ke Teman atau Pinjam Uang Online?


Saat butuh uang mendadak, hal yang pertama kali terbersit dalam pikiran adalah mengambil tabungan, menjual harta berharga yang dimiliki atau menggadaikannya hingga pinjam uang online. Lantas, bagaimana jika ada teman yang menawarkan pinjaman tapi motor Anda sebagai jaminannya? Sebelum membuat keputusan, pahami dulu poin-poin yang ditawarkan keduanya seperti yang dijelaskan dalam ulasan berikut.

Kelebihan Menggadaikan Motor ke Teman

Selain memberi pengaruah positif pada kesehatan mental, punya banyak teman juga memberi keuntungan lain. Karena, pada mereka jugalah Anda bisa meminta tolong. Contohnya saat membutuhkan uang sesegera mungkin.

Tapi, ada teman yang meminta syarat untuk menjadikan motor Anda sebagai jaminan atau Anda sendiri yang menawarkannya karena merasa tidak enak. Menggadaikan motor ke teman memang memiliki beberapa kelebihan. Pertama, motor yang dijadikan jaminan berada pada orang terpercaya (Anda tahu keluarga dan alamat rumahnya).

Kedua, ada kemungkinan Anda bisa memperpanjang tenornya tanpa tambahan syarat, kecuali motor Anda yang tetap dijadikan jaminan. Ketiga, prosesnya cepat. Saat Anda membawa motor, maka pada detik itu juga Anda akan mendapatkan uang pinjaman hasil gadaian dari motor Anda tersebut. Beda dengan pinjam uang online yang mengharuskan Anda ke ATM.

Kekurangan Menggadaikan Motor ke Teman

Selain kelebihan, menggadaikan motor ke teman juga punya beberapa kekurangan. Pertama, pengeluaran harian bertambah. Hal ini bisa terjadi jika motor yang Anda miliki merupakan satu-satunya kendaraan operasional dalam keluarga. Anda harus mengeluarkan ongkos untuk anak ke sekolah serta untuk Anda sendiri menuju tempat kerja.

Kedua, pendapatan berkurang. Nah, poin yang satu ini berhubungan dengan penghasilan tambahan. Jika Anda berprofesi sebagai ojek online maupun offline untuk menambah penghasilan, maka dengan digadaikannya motor, secara otomatis pendapatan tambahan Anda pun tidak ada lagi.

Ketiga, nilai barang gadaian menyusut. Anda tidak keberatan jika motor tersebut dipakai teman yang memberi pinjaman. Tapi, jika frekuensinya pemakaiannya juga sama seperti Anda, maka nilai barang gadaian tersebut bisa menyusut. Apalagi jika Anda tidak mewajibkan untuk mengganti spare part yang rusak saat dipinjam teman Anda.

Kelebihan dari Dana Pinjaman Online

Saat ini, lembaga keuangan seperti bank tengah gencar-gencarnya melakukan penawaran dan promosi yang sangat menarik. Ada beberapa kelebihan yang ditararkan sehingga banyak yang beralih ke pinjaman ini daripada mengajukan kredit ke bank atau menggadaikan barangnya. Jadi, apa saja kelebihannya?

Pertama, syarat untuk pinjam uang online sangat mudah. Umumnya, semua dokumen yang dibutuhkan sudah dimiliki oleh seluruh WNI, misalnya KTP, pekerjan tetap, dan rekening. Kedua, proses cepat dan praktis. Anda tidak perlu menunggu 3-7 hari kerja atau datang ke kantornya langsung karena pengajuan bisa dengan sentuhan jari di handphone.

Ketiga, tidak ada jaminan atau agunan. Jadi, bagi Anda yang hanya punya motor, tidak perlu menyisihkan uang harian untuk ongkos ke tempat kerja karena motor Anda tidak perlu dijaminkan. Keempat, tenornya fleksibel dan Anda bisa menentukannya sesuai dengan kemampuan dalam membayar cicilan per bulan.

Kekurangan dari Dana Pinjaman Online

Sebenarnya, tidak ada ruginya pinjam uang online. Tapi, kalaupun masih bisa disebut kekurangan, maka hanya terletak pada nilai bunga pinjaman yang cukup besar. Meski demikian, besaran bunga ini juga cukup relatif.

Jadi, jika Anda memilih tenor pendek, maka makin kecil bunganya. Sedangkan untuk tenor panjang dan bunganya diakumulasikan, maka nilai bunganya termasuk besar. Intinya, kekurangan dari pinajamn online ini sebenarnya bisa berubah menjadi kelebihan.

Sudah jelas bukan, poin-poin apa saja yang ditawarkan dari pinjaman uang dari hasil menggadaikan motor ke teman dengan pinjam uang online? Jika ditinjau lebih lanjut, pinjaman online jelas lebih menguntungkan. Apalagi jika memilih tunaiku.com, karena selain yang disebutkan di atas, masih banyak kelebihan yang menguntungkan Anda.
Pilih Mana? Menggadaikan Motor ke Teman atau Pinjam Uang Online? | Putri Aisyah | 5